Materi dan Kegiatan Magang III
Materi dan Kegiatan Magang III SD N Sampangan
- Arung Putriyani (2015015093)
Dalam pelaksanaan
Magang III di SD Negeri Sampangan, saya melakukan praktik mengajar sebanyak 4
(empat) kali dari kelas I sampai V, dalam penulisan laporan ini saya memilih 4 (empat) kelas yaitu kelas IB, IIA,
IIIB dan VB.
a.
Praktik Mengajar di Kelas I B
Pada saat praktik mengajar di
kelas I saya memilih tema 3 “Kegiatanku”, sub tema 1 “Kegiatan Pagi Hari”,
pembelajaran 4. Muatan dalam pembelajaran ini yaitu Bahasa Indonesia,
Matematika dan PPKN. Dengan jumlah siswa sebanyak 28 anak. Pendekatan yang saya gunakan yaitu pendekatan “Scientific” dimana dalam pendekatan ini
terdapat kegiatan 5M yang terdiri dari mengamati, menanya, mencoba, menalar dan
mengkomunikasikan. Model pembelajaran yang saya gunakan yaitu “Cooperative Learning” dimana materi yang diajarkan dihubungkan dengan situasi dunia nyata siswa.
Diawal pembelajaran saya mengajak anak-anak menyebutkan kegiatan di pagi hari
yang biasa dilakukan anak dari bangun tidur sampai berangkat ke sekolah. Saya
mengajak siswa untuk menghitung dengan bermain putaran di luar dan mengajak
menghitung 1-10 dengan menggunakan lidi dan menuliskannya dipapan tulis.
Setelah menghitung suku kata saya mengaitkannya dengan pembelajaran matematika.
Dalam lembar kerja siswa di pembelajaran matematika siswa mengurutkan pola
gambar, angka, sesuai urutan. Siswa menempelkan gambar sesuai urutan untuk
mengasah kemampuan motorik halus. Siswa dibimbing untuk bekerja sama dengan
teman sebangkunya. Pembelajaran terakhir saya mengajak siswa untuk menyebutkan
lambang dan melihat gambar sila dan simbol pancasila dan menyebutkan bersama-sama.
Metode pembelajaran yang saya gunakan yaitu ceramah, tanya jawab, penugasan,
dan diskusi.
b.
Praktik Mengajar
di Kelas II A
Pada saat praktik mengajar di
kelas II A saya memilih tema 3 “Tugasku sehari-hari”, sub tema 1 “Tugasku sehari-hari di rumah”, dan pembelajaran ke 1.
Dengan jumlah siswa sebanyak 33 anak. Muatan dalam pembelajaran ini yaitu Matematika,
Bahasa Indonesia, SBdP. Pendekatan yang saya gunakan yaitu
pendekatan “Scientific” dimana dalam
pendekatan ini terdapat kegiatan 5M yang terdiri dari mengamati, menanya,
mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Model pembelajaran yang saya gunakan
yaitu “example and example”. Diawal pembelajaran saya
mengajak siswa untuk membaca teks dan melihat denah rumah teman. Setelah
membaca siswa diajak melakukan percobaan tentang menentukan rumah denah teman
dengan benar. Siswa menggambarkan denah di buku tulis dan setelah selesai untuk masuk dalam pembelajaran
Matematika siswa di ajak dengan melihat gambar denah yang ada di buku paket.
Setelah selesai siswa selesai lalu siswa di minta untuk mewarnai tentang gambar
hal mengenai membantu orang lain dalam tema SBdp. Metode pembelajaran yang saya
gunakan yaitu ceramah, tanya jawab, penugasan, dan diskusi.
c.
Praktik Mengajar di Kelas III B
Pada saat praktik mengajar di
kelas III B saya memilih tema 4 “kewajiban dan hakku”, sub tema 3 “kewajiban dan hakku dalam bertetangga”, dan pembelajaran ke 1.
Dengan jumlah siwa sebanyak 30 anak. Muatan dalam pembelajaran ini yaitu PPKn,
Bahasa Indonesia, dan Matematika. Pendekatan
yang saya gunakan yaitu pendekatan “Scientific”
dimana dalam pendekatan ini terdapat kegiatan 5M yang terdiri dari mengamati,
menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Model pembelajaran yang saya
gunakan yaitu “Cooperative Learning Tipe example
and example”. Saya menyampaikan materi dengan membawa media benda-benda yang terbuat
dari kertas warna-warni. Siswa diminta untuk menggambar, kemudian menggunting bentuk
lingkaran menjadi beberapa kelipatan sehingga membentuk sesuatu pola yang
indah. Metode
pembelajaran yang saya gunakan yaitu ceramah, tanya jawab, penugasan, dan
diskusi.
d.
Praktik Mengajar di Kelas V
Pada saat praktik mengajar di
kelas V saya memilih tema 5 “Sehat itu penting”, sub tema 1 “komponen
ekosistem” dan
pembelajaran ke 4. Dengan jumlah siswa sebanyak 28 anak. Muatan dalam
pembelajaran ini yaitu Bahasa Indonesia, IPA dan IPS. Pendekatan yang saya gunakan yaitu pendekatan “Scientific” dimana dalam pendekatan ini
terdapat kegiatan 5M yang terdiri dari mengamati, menanya, mencoba, menalar dan
mengkomunikasikan. Model pembelajaran yang saya gunakan yaitu “Cooperative Learning tipe example and example” siswa dibagi dalam kelompok
kecil. Siswa ditanya untuk awalan dengan menanyakan berapa jumlah
propinsi yang ada di Indonesia, pulau-pulau. Siswa di ajak untuk mengetahui peta Indonesia. Metode pembelajaran yang saya
gunakan yaitu ceramah, tanya jawab, penugasan, dan diskusi.
- 2. Nida Isro’ah (2015015094)
Dalam pelaksanaan
Magang III di SD Negeri Sampangan, saya melakukan praktik mengajar sebanyak 5
(lima) kali dari kelas I sampai IV, namun dalam penulisan laporan ini saya
hanya memilih 4 (empat) kelas yaitu kelas IA, IIB, IIIB dan IVB.
a.
Praktik Mengajar di Kelas I A
Pada saat praktik mengajar di
kelas I saya memilih tema 2 “Kegemaraku”, sub tema 4 “Gemar membaca”,
pembelajaran 6. Muatan dalam pembelajaran ini yaitu Bahasa Indonesia,
Matematika dan PPKN. Dengan jumlah siswa sebanyak 26 anak. Pendekatan yang saya gunakan yaitu pendekatan “Scientific” dimana dalam pendekatan ini
terdapat kegiatan 5M yang terdiri dari mengamati, menanya, mencoba, menalar dan
mengkomunikasikan. Model pembelajaran yang saya gunakan yaitu “Contextual Teaching
Learning” dimana materi yang diajarkan dihubungkan dengan situasi dunia nyata siswa.
Diawal pembelajaran saya mengajak anak-anak menyebutkan nama benda disekitar
seperti buku, sepatu, baju. Saya mengajak siswa untuk menghitung berapa suku
kata dari benda-benda tersebut dan menuliskannya dipapan tulis. Setelah
menghitung suku kata saya mengaitkannya dengan pembelajaran matematika. Dalam
lembar kerja siswa di pembelajaran matematika siswa mengurutkan pola gambar
yang dekat dengan siswa seperti bola, buku, pensil sesuai urutan. Siswa
menempelkan gambar sesuai urutan untuk mengasah kemampuan motorik halus. Siswa dibimbing
untuk bekerja sama dengan teman sebangkunya. Pembelajaran terakhir saya
mengajak siswa untuk menceritakan pengalamannya belajar dirumah. Metode
pembelajaran yang saya gunakan yaitu ceramah, tanya jawab, penugasan, dan
diskusi.
b.
Praktik Mengar di Kelas II B
Pada saat praktik mengajar di
kelas II B saya memilih tema 3 “Tugasku sehari-hari”, sub tema 4 “Tugasku sehari-hari disekolah”,
dan pembelajaran ke 5. Dengan jumlah siswa sebanyak 30 anak. Muatan dalam
pembelajaran ini yaitu PJOK, Bahasa Indonesia, dan PPKn. Pendekatan yang saya gunakan yaitu pendekatan “Scientific” dimana dalam pendekatan ini
terdapat kegiatan 5M yang terdiri dari mengamati, menanya, mencoba, menalar dan
mengkomunikasikan. Model pembelajaran yang saya gunakan yaitu “Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI)”. Diawal pembelajaran saya
mengajak siswa untuk membaca teks bermain sepak bola. Setelah membaca siswa
diajak melakukan tanya jawab seputar teks yang telah mereka baca. Siswa dibagi
menjadi beberapa kelompok kecil dan diberikan mahkota berbeda warna. Kelompok
yang dapat warna mahkota yang sama diminta untuk melakukan investigasi terhadap
kelompok lain. Hal yang harus dicari siswa yaitu warna kesukaan, makanan
kesukaan, dan hobi. Setelah selesai kelompok yang ditunjuk diminta melakukan
presentasi tentang hal-hal yang telah mereka dapatkan dari hasil investigasi.
Metode pembelajaran yang saya gunakan yaitu ceramah, tanya jawab, penugasan,
dan diskusi.
c.
Praktik Mengajar di Kelas III B
Pada saat praktik mengajar di
kelas III B saya memilih tema 3 “Benda disekitarku”, sub tema 1
“Aneka benda disekitarku”, dan pembelajaran ke 4. Dengan jumlah siwa
sebanyak 30 anak. Muatan dalam pembelajaran ini yaitu PPKn, Bahasa Indonesia,
dan PJOK. Pendekatan yang saya gunakan
yaitu pendekatan “Scientific” dimana
dalam pendekatan ini terdapat kegiatan 5M yang terdiri dari mengamati, menanya,
mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Model pembelajaran yang saya gunakan
yaitu “Cooperative Learning tipe talking stik”. Saya menyampaikan materi dengan membawa media
benda-benda yang terbuat dari plastik. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok
kecil untuk mendiskusikan materi tentang pengolahan sampah yang ada
disekitarnya. Selain itu saya juga menggunakan stick untuk memilih siapa siswa yang akan membacakan jawaban hasil
diskusi bersama dengan anggota kelompoknya. Diakhir pembelajaran siswa diajak
untuk mempraktikan gerakan melempar dan mengkap bola. Metode pembelajaran yang
saya gunakan yaitu ceramah, tanya jawab, penugasan, dan diskusi.
d.
Praktik Mengajar di Kelas IV B
Pada saat praktik mengajar di
kelas IV B saya memilih tema 3 “Perduli terhadap makhluk hidup”, sub tema 3 “Ayo cintai lingkungan”, dan
pembelajaran ke 2. Dengan jumlah siswa sebanyak 28 anak. Muatan dalam
pembelajaran ini yaitu PPKn dan SBDP. Pendekatan yang saya gunakan yaitu pendekatan “Scientific” dimana dalam pendekatan ini
terdapat kegiatan 5M yang terdiri dari mengamati, menanya, mencoba, menalar dan
mengkomunikasikan. Model pembelajaran yang saya gunakan yaitu “Cooperative Learning tipe STAD” dimana siswa dibagi dalam kelompok kecil untuk membuat
montase. Kelompok yang mendapatkan kesempatan untuk maju mempresentasikan hasil
montase nya akan mendapatkan reward. Reward ini dapat diberikan sebagai hasil
apresiasi siswa. Metode pembelajaran yang saya gunakan yaitu ceramah, tanya
jawab, penugasan, dan diskusi.
- 3. Mufti Hanifatur Rahmah (2015015095)
Dalam pelaksanaan
Magang III di SD Negeri Sampangan, saya melakukan praktik mengajar sebanyak 4
(empat) kali dari kelas I sampai IV, dalam penulisan laporan ini saya memilih 4 (empat) kelas yaitu kelas IB, IIA,
IIB dan IVA.
a.
Praktik Mengajar di Kelas I B
Pada saat praktik mengajar di
kelas I saya memilih tema 3 “Kegiatanku”, sub tema 1 “Kegiatan Pagi Hari”,
pembelajaran 3. Muatan dalam pembelajaran ini yaitu Bahasa Indonesia,
Matematika dan PPKN. Dengan jumlah siswa sebanyak 28 anak. Pendekatan yang saya gunakan yaitu pendekatan “Scientific” dimana dalam pendekatan ini
terdapat kegiatan 5M yang terdiri dari mengamati, menanya, mencoba, menalar dan
mengkomunikasikan. Model pembelajaran yang saya gunakan yaitu “Cooperative Learning Tipe Make a Match” dimana materi yang diajarkan
dihubungkan dengan situasi dunia nyata siswa. Diawal pembelajaran saya mengajak
anak-anak menyebutkan kegiatan di pagi hari yang biasa dilakukan anak dari
bangun tidur sampai berangkat ke sekolah. Saya mengajak siswa untuk menghitung
dengan bermain putaran di luar dan mengajak menghitung 1-10 dengan menggunakan
lidi dan menuliskannya dipapan tulis. Setelah menghitung suku kata saya
mengaitkannya dengan pembelajaran matematika. Dalam lembar kerja siswa di
pembelajaran matematika siswa mengurutkan pola gambar, angka, sesuai urutan.
Siswa menempelkan gambar sesuai urutan untuk mengasah kemampuan motorik halus.
Siswa dibimbing untuk bekerja sama dengan teman sebangkunya. Pembelajaran
terakhir saya mengajak siswa untuk menyebutkan lambang dan melihat gambar sila
dan simbol pancasila dan menyebutkan bersama-sama. Metode pembelajaran yang
saya gunakan yaitu ceramah, tanya jawab, penugasan, dan diskusi.
b.
Praktik Mengar di Kelas II A
Pada saat praktik mengajar di
kelas II A saya memilih tema 3 “Tugasku sehari-hari”, sub tema 3 “Tugasku sebagai Umat Beragama”,
dan pembelajaran ke 6. Dengan jumlah siswa sebanyak 33 anak. Muatan dalam
pembelajaran ini yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, SBdP. Pendekatan yang saya gunakan yaitu pendekatan “Scientific” dimana dalam pendekatan ini
terdapat kegiatan 5M yang terdiri dari mengamati, menanya, mencoba, menalar dan
mengkomunikasikan. Model pembelajaran yang saya gunakan yaitu “Role Playing”. Diawal pembelajaran saya mengajak siswa untuk membaca teks dan melihat
denah rumah teman. Setelah membaca siswa diajak melakukan percobaan tentang
menentukan rumah denah teman dengan benar. Siswa mengerjakan LKS dan setelah
selesai untuk masuk dalam pembelajaran Matematika siswa di ajak dengan melihat
gambar buah untuk mengetahui berapa harga buah. Setelah selesai siswa selesai
lalu siswa di minta untuk mewarnai tentang gambar hal mengenai membantu orang lain
dalam tema SBdp. Metode pembelajaran yang saya gunakan yaitu ceramah, tanya
jawab, penugasan, dan diskusi.
c.
Praktik Mengajar di Kelas II B
Pada saat praktik mengajar di
kelas III B saya memilih tema 3 “Tugasku Sehari-hari”, sub tema 3
“Tugasku sebagai Umat Beragama”, dan pembelajaran ke 3. Dengan jumlah
siwa sebanyak 30 anak. Muatan dalam pembelajaran ini yaitu PPKn, Bahasa
Indonesia, dan Matematika. Pendekatan
yang saya gunakan yaitu pendekatan “Scientific”
dimana dalam pendekatan ini terdapat kegiatan 5M yang terdiri dari mengamati,
menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Model pembelajaran yang saya
gunakan yaitu “Cooperative Learning Tipe Make a Match”. Saya menyampaikan materi
dengan membawa media benda-benda yang terbuat dari kertas seperti Gambar nama
Agama dan tempat ibadah juga semacam gambar mata uang pecahan. Dalam
pembelajaran siswa di ajarkan menggambar denah dan bagaimana cara mengetahui
denah dalam pemasukan ke materi Matematika siswa diajak untuk melihat gambar
buah dan harga setelah selesai siswa di ajarkan bagaimana cara menghargai agama
orang lain. Metode pembelajaran yang saya gunakan yaitu ceramah, tanya jawab,
penugasan, dan diskusi.
d.
Praktik Mengajar di Kelas IV A
Pada saat praktik mengajar di
kelas IV B saya memilih tema 4 “Berbagai Pekerjaan”, sub tema 3 “Pekerjaan Orang Tuaku”, dan
pembelajaran ke 1. Dengan jumlah siswa sebanyak 28 anak. Muatan dalam
pembelajaran ini yaitu Bahasa Indonesia, IPA dan IPS. Pendekatan yang saya gunakan yaitu pendekatan “Scientific” dimana dalam pendekatan ini
terdapat kegiatan 5M yang terdiri dari mengamati, menanya, mencoba, menalar dan
mengkomunikasikan. Model pembelajaran yang saya gunakan yaitu “Cooperative Learning” siswa dibagi dalam kelompok kecil. Siswa ditanya untuk awalan dengan pekerjaan
orangtuanya setelah itu siswa di minta untuk melihat video sebagai pengantar
awal pembelajaran Bahasa Indonesia. Siswa di ajak untuk mengatahui dari mana
datangnya kayu dan untu apa dengan di aplikasikannya menggunakan gambar mebel
dan hutan itu dalam pembelajaran IPA dan IPS. Metode pembelajaran yang saya
gunakan yaitu ceramah, tanya jawab, penugasan, dan diskusi.
- 4. Rosalia Brigita (2015015096)
Dalam pelaksanaan Magang III di
SD Negeri Sampangan, saya melakukan praktik mengajar sebanyak 5 (lima) kali
dari kelas I sampai IV, namun dalam penulisan laporan ini saya hanya memilih 4
(empat) kelas yaitu kelas I,III B, II B, dan IV A.
a.
Praktik Mengajar di Kelas I C
Pada saat praktik mengajar di
kelas I saya memilih tema 2 “Kegemaranku”,
sub tema 4 “Gemar Membaca”, dan pembelajaran ke 5. Muatan dalam
pembelajaran ini yaitu Bahasa Indonesia dan Matematika. Dengan jumlah siswa 24
siswa. Pendekatan yang saya gunakan
yaitu pendekatan “Scientific” dimana
dalam pendekatan ini terdapat kegiatan 5M yang terdiri dari mengamati, menanya,
mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Model pembelajaran yang saya gunakan
yaitu “Cooperative Learning Tipe Talking
Stick” dimana Dalam model pembelajaran ini siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok diskusi untuk menjawab lembar kerja siswa terkait materi yang
disampaikan. Selain itu saya juga menggunakan stick untuk memilih siapa siswa yang mengerjakan atau membacakan
jawaban hasil diskusi bersama dengan anggota kelompoknya. Metode pembelajaran
yang saya gunakan yaitu ada beberapa metode diantaranya “penugasan, tanya
jawab, diskusi dan ceramah”. Selain itu saya meminta siswa untuk maju kedepan
untuk membacakan hasil diskusi bersama teman kelompoknya.
b.
Praktik Mengar di Kelas III B
Pada saat praktik mengajar di kelas III B saya memilih
tema 3 “Benda di Sekitarku”, sub tema 1
“Aneka Benda di Sekitarku”, dan pembelajaran ke 5. Dengan jumlah siswa 29
siswa. Muatan dalam pembelajaran ini yaitu Bahasa Indonesia, PPKn dan
Matematika. Pendekatan yang saya gunakan
yaitu pendekatan “Scientific” dimana
dalam pendekatan ini terdapat kegiatan 5M yang terdiri dari mengamati, menanya,
mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Model pembelajaran yang saya gunakan
yaitu “Cooperative Learning Tipe Talking
Stick” dimana dalam penyampaian materi saya menggunakan gambar acak dan
meminta siswa untuk mengurutkan gambar terebut sesuai dengan urutannya. Metode
pembelajaran yang saya gunakan yaitu ada beberapa metode diantaranya
“penugasan, tanya jawab, diskusi dan ceramah”. Dalam penyampaian materi saya
menggunakan gambar-gambar sebagai media dan pemberian latihan-latihan soal.
Dalam model pembelajaran ini siswa dibagi menjadi beberapa kelompok diskusi
untuk menjawab lembar kerja siswa terkait materi yang disampaikan. Selain itu
saya juga menggunakan stick untuk
memilih siapa siswa yang mengerjakan atau membacakan jawaban hasil diskusi
bersama dengan anggota kelompoknya. Metode pembelajaran yang saya gunakan yaitu
ada beberapa metode diantaranya “penugasan, tanya jawab, diskusi dan ceramah”.
Dan pembelajaran sangat menyenangkan.
c.
Praktik Mengajar di Kelas II B
Pada saat praktik mengajar di
kelas III B saya memilih tema 3 “Tugasku Sehari-hari”, sub tema 2
“Tugasku Sehari-hari di Sekolah”, dan pembelajaran ke 3. Dengan jumlah
siwa 30 siswa Muatan dalam pembelajaran ini yaitu PPKn, Bahasa Indonesia, dan
Matematia. Pendekatan yang saya gunakan
yaitu pendekatan “Scientific” dimana
dalam pendekatan ini terdapat kegiatan 5M yang terdiri dari mengamati, menanya,
mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Model pembelajaran yang saya gunakan
yaitu “Cooperative Learning Problem Based Learning. Dalam model pembelajaran ini
guru memberikan masalah kepada siswa kemudian siswa menyelesaikan permasalahan
yang diberikan guru. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok diskusi untuk menjawab
lembar kerja siswa terkait materi yang disampaikan. Metode pembelajaran yang
saya gunakan yaitu ada beberapa metode diantaranya “penugasan, tanya jawab,
diskusi dan ceramah”.
d.
Praktik Mengajar di Kelas IV A
Pada saat praktik mengajar di kelas IV B saya memilih
tema 4 “Berbagai Pekerjaan”, sub tema 3
“Pekerjaan Orang Tuaku”, dan pembelajaran ke 2. Dengan jumlah siwa 28 siswa.
Muatan dalam pembelajaran ini yaitu PPKn dan SBDP. Pendekatan yang saya gunakan yaitu pendekatan “Scientific” dimana dalam pendekatan ini
terdapat kegiatan 5M yang terdiri dari mengamati, menanya, mencoba, menalar dan
mengkomunikasikan. Model pembelajaran yang saya gunakan yaitu “Cooperative Learning Tipe Picture And
Picture”. Di awal pembelajaran
saya membagi siswa menjadi beberapa kelompok diskusi untuk menjawab lembar
kerja siswa dan dalam penyampaian materinya saya menggunakan gambar-gambar
sebagai media pembelajarannya. Metode pembelajaran yang saya gunakan yaitu ada
beberapa metode diantaranya “penugasan, tanya jawab, diskusi dan ceramah”.
Komentar
Posting Komentar