Materi dan Kegiatan Magang III


 Materi dan Kegiatan Magang III SD N Sampangan
  1.       Arung Putriyani (2015015093)

Dalam pelaksanaan Magang III di SD Negeri Sampangan, saya melakukan praktik mengajar sebanyak 4 (empat) kali dari kelas I sampai V, dalam penulisan laporan ini saya  memilih 4 (empat) kelas yaitu kelas IB, IIA, IIIB dan VB. 

a.       Praktik Mengajar di Kelas I B
Pada saat praktik mengajar di kelas I saya memilih tema 3 “Kegiatanku”, sub tema 1 “Kegiatan Pagi Hari”, pembelajaran 4. Muatan dalam pembelajaran ini yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan PPKN. Dengan jumlah siswa sebanyak 28 anak. Pendekatan  yang saya gunakan yaitu pendekatan “Scientific” dimana dalam pendekatan ini terdapat kegiatan 5M yang terdiri dari mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Model pembelajaran yang saya gunakan yaitu “Cooperative Learning dimana materi yang diajarkan dihubungkan dengan situasi dunia nyata siswa. Diawal pembelajaran saya mengajak anak-anak menyebutkan kegiatan di pagi hari yang biasa dilakukan anak dari bangun tidur sampai berangkat ke sekolah. Saya mengajak siswa untuk menghitung dengan bermain putaran di luar dan mengajak menghitung 1-10 dengan menggunakan lidi dan menuliskannya dipapan tulis. Setelah menghitung suku kata saya mengaitkannya dengan pembelajaran matematika. Dalam lembar kerja siswa di pembelajaran matematika siswa mengurutkan pola gambar, angka, sesuai urutan. Siswa menempelkan gambar sesuai urutan untuk mengasah kemampuan motorik halus. Siswa dibimbing untuk bekerja sama dengan teman sebangkunya. Pembelajaran terakhir saya mengajak siswa untuk menyebutkan lambang dan melihat gambar sila dan simbol pancasila dan menyebutkan bersama-sama. Metode pembelajaran yang saya gunakan yaitu ceramah, tanya jawab, penugasan, dan diskusi.
b.      Praktik Mengajar di Kelas II A
Pada saat praktik mengajar di kelas II A saya memilih tema 3 “Tugasku sehari-hari”,  sub tema 1 “Tugasku sehari-hari di rumah”, dan pembelajaran ke 1. Dengan jumlah siswa sebanyak 33 anak. Muatan dalam pembelajaran ini yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, SBdP. Pendekatan  yang saya gunakan yaitu pendekatan “Scientific” dimana dalam pendekatan ini terdapat kegiatan 5M yang terdiri dari mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Model pembelajaran yang saya gunakan yaitu “example and example”. Diawal pembelajaran saya mengajak siswa untuk membaca teks dan melihat denah rumah teman. Setelah membaca siswa diajak melakukan percobaan tentang menentukan rumah denah teman dengan benar. Siswa menggambarkan denah di buku tulis dan setelah selesai untuk masuk dalam pembelajaran Matematika siswa di ajak dengan melihat gambar denah yang ada di buku paket. Setelah selesai siswa selesai lalu siswa di minta untuk mewarnai tentang gambar hal mengenai membantu orang lain dalam tema SBdp. Metode pembelajaran yang saya gunakan yaitu ceramah, tanya jawab, penugasan, dan diskusi.
c.       Praktik Mengajar di Kelas III B
Pada saat praktik mengajar di kelas III B saya memilih tema 4 “kewajiban dan hakku”,  sub tema 3  kewajiban dan hakku dalam bertetangga”, dan pembelajaran ke 1. Dengan jumlah siwa sebanyak 30 anak. Muatan dalam pembelajaran ini yaitu PPKn, Bahasa Indonesia, dan Matematika. Pendekatan  yang saya gunakan yaitu pendekatan “Scientific” dimana dalam pendekatan ini terdapat kegiatan 5M yang terdiri dari mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Model pembelajaran yang saya gunakan yaitu “Cooperative Learning Tipe example and example. Saya menyampaikan materi dengan membawa media benda-benda yang terbuat dari kertas warna-warni. Siswa diminta untuk menggambar, kemudian menggunting bentuk lingkaran menjadi beberapa kelipatan sehingga membentuk sesuatu pola yang indah. Metode pembelajaran yang saya gunakan yaitu ceramah, tanya jawab, penugasan, dan diskusi.

d.      Praktik Mengajar di Kelas V
Pada saat praktik mengajar di kelas V saya memilih tema 5 “Sehat itu penting”,  sub tema 1 “komponen ekosistem” dan pembelajaran ke 4. Dengan jumlah siswa sebanyak 28 anak. Muatan dalam pembelajaran ini yaitu Bahasa Indonesia, IPA dan IPS. Pendekatan  yang saya gunakan yaitu pendekatan “Scientific” dimana dalam pendekatan ini terdapat kegiatan 5M yang terdiri dari mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Model pembelajaran yang saya gunakan yaitu “Cooperative Learning tipe example and example” siswa dibagi dalam kelompok kecil. Siswa ditanya untuk awalan dengan menanyakan berapa jumlah propinsi yang ada di Indonesia, pulau-pulau. Siswa di ajak untuk mengetahui peta Indonesia. Metode pembelajaran yang saya gunakan yaitu ceramah, tanya jawab, penugasan, dan diskusi.

  1. 2. Nida Isro’ah (2015015094)
Dalam pelaksanaan Magang III di SD Negeri Sampangan, saya melakukan praktik mengajar sebanyak 5 (lima) kali dari kelas I sampai IV, namun dalam penulisan laporan ini saya hanya memilih 4 (empat) kelas yaitu kelas IA, IIB, IIIB dan IVB.

a.       Praktik Mengajar di Kelas I A
Pada saat praktik mengajar di kelas I saya memilih tema 2 “Kegemaraku”, sub tema 4 “Gemar membaca”, pembelajaran 6. Muatan dalam pembelajaran ini yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan PPKN. Dengan jumlah siswa sebanyak 26 anak. Pendekatan  yang saya gunakan yaitu pendekatan “Scientific” dimana dalam pendekatan ini terdapat kegiatan 5M yang terdiri dari mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Model pembelajaran yang saya gunakan yaitu “Contextual Teaching Learning dimana materi yang diajarkan dihubungkan dengan situasi dunia nyata siswa. Diawal pembelajaran saya mengajak anak-anak menyebutkan nama benda disekitar seperti buku, sepatu, baju. Saya mengajak siswa untuk menghitung berapa suku kata dari benda-benda tersebut dan menuliskannya dipapan tulis. Setelah menghitung suku kata saya mengaitkannya dengan pembelajaran matematika. Dalam lembar kerja siswa di pembelajaran matematika siswa mengurutkan pola gambar yang dekat dengan siswa seperti bola, buku, pensil sesuai urutan. Siswa menempelkan gambar sesuai urutan untuk mengasah kemampuan motorik halus. Siswa dibimbing untuk bekerja sama dengan teman sebangkunya. Pembelajaran terakhir saya mengajak siswa untuk menceritakan pengalamannya belajar dirumah. Metode pembelajaran yang saya gunakan yaitu ceramah, tanya jawab, penugasan, dan diskusi.
b.      Praktik Mengar di Kelas II B
Pada saat praktik mengajar di kelas II B saya memilih tema 3 “Tugasku sehari-hari”,  sub tema 4 “Tugasku sehari-hari disekolah”, dan pembelajaran ke 5. Dengan jumlah siswa sebanyak 30 anak. Muatan dalam pembelajaran ini yaitu PJOK, Bahasa Indonesia, dan PPKn. Pendekatan  yang saya gunakan yaitu pendekatan “Scientific” dimana dalam pendekatan ini terdapat kegiatan 5M yang terdiri dari mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Model pembelajaran yang saya gunakan yaitu “Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI)”. Diawal pembelajaran saya mengajak siswa untuk membaca teks bermain sepak bola. Setelah membaca siswa diajak melakukan tanya jawab seputar teks yang telah mereka baca. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil dan diberikan mahkota berbeda warna. Kelompok yang dapat warna mahkota yang sama diminta untuk melakukan investigasi terhadap kelompok lain. Hal yang harus dicari siswa yaitu warna kesukaan, makanan kesukaan, dan hobi. Setelah selesai kelompok yang ditunjuk diminta melakukan presentasi tentang hal-hal yang telah mereka dapatkan dari hasil investigasi. Metode pembelajaran yang saya gunakan yaitu ceramah, tanya jawab, penugasan, dan diskusi.
c.       Praktik Mengajar di Kelas III B
Pada saat praktik mengajar di kelas III B saya memilih tema 3 “Benda disekitarku”,  sub tema 1  “Aneka benda disekitarku”, dan pembelajaran ke 4. Dengan jumlah siwa sebanyak 30 anak. Muatan dalam pembelajaran ini yaitu PPKn, Bahasa Indonesia, dan PJOK. Pendekatan  yang saya gunakan yaitu pendekatan “Scientific” dimana dalam pendekatan ini terdapat kegiatan 5M yang terdiri dari mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Model pembelajaran yang saya gunakan yaitu “Cooperative Learning tipe talking stik”. Saya menyampaikan materi dengan membawa media benda-benda yang terbuat dari plastik. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kecil untuk mendiskusikan materi tentang pengolahan sampah yang ada disekitarnya. Selain itu saya juga menggunakan stick untuk memilih siapa siswa yang akan membacakan jawaban hasil diskusi bersama dengan anggota kelompoknya. Diakhir pembelajaran siswa diajak untuk mempraktikan gerakan melempar dan mengkap bola. Metode pembelajaran yang saya gunakan yaitu ceramah, tanya jawab, penugasan, dan diskusi.
d.      Praktik Mengajar di Kelas IV B
Pada saat praktik mengajar di kelas IV B saya memilih tema 3 “Perduli terhadap makhluk hidup”,  sub tema 3 “Ayo cintai lingkungan”, dan pembelajaran ke 2. Dengan jumlah siswa sebanyak 28 anak. Muatan dalam pembelajaran ini yaitu PPKn dan SBDP. Pendekatan  yang saya gunakan yaitu pendekatan “Scientific” dimana dalam pendekatan ini terdapat kegiatan 5M yang terdiri dari mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Model pembelajaran yang saya gunakan yaitu “Cooperative Learning tipe STAD” dimana siswa dibagi dalam kelompok kecil untuk membuat montase. Kelompok yang mendapatkan kesempatan untuk maju mempresentasikan hasil montase nya akan mendapatkan reward. Reward ini dapat diberikan sebagai hasil apresiasi siswa. Metode pembelajaran yang saya gunakan yaitu ceramah, tanya jawab, penugasan, dan diskusi.

  1. 3.      Mufti Hanifatur Rahmah (2015015095)
Dalam pelaksanaan Magang III di SD Negeri Sampangan, saya melakukan praktik mengajar sebanyak 4 (empat) kali dari kelas I sampai IV, dalam penulisan laporan ini saya  memilih 4 (empat) kelas yaitu kelas IB, IIA, IIB dan IVA.

a.       Praktik Mengajar di Kelas I B
Pada saat praktik mengajar di kelas I saya memilih tema 3 “Kegiatanku”, sub tema 1 “Kegiatan Pagi Hari”, pembelajaran 3. Muatan dalam pembelajaran ini yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan PPKN. Dengan jumlah siswa sebanyak 28 anak. Pendekatan  yang saya gunakan yaitu pendekatan “Scientific” dimana dalam pendekatan ini terdapat kegiatan 5M yang terdiri dari mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Model pembelajaran yang saya gunakan yaitu “Cooperative Learning Tipe Make a Match dimana materi yang diajarkan dihubungkan dengan situasi dunia nyata siswa. Diawal pembelajaran saya mengajak anak-anak menyebutkan kegiatan di pagi hari yang biasa dilakukan anak dari bangun tidur sampai berangkat ke sekolah. Saya mengajak siswa untuk menghitung dengan bermain putaran di luar dan mengajak menghitung 1-10 dengan menggunakan lidi dan menuliskannya dipapan tulis. Setelah menghitung suku kata saya mengaitkannya dengan pembelajaran matematika. Dalam lembar kerja siswa di pembelajaran matematika siswa mengurutkan pola gambar, angka, sesuai urutan. Siswa menempelkan gambar sesuai urutan untuk mengasah kemampuan motorik halus. Siswa dibimbing untuk bekerja sama dengan teman sebangkunya. Pembelajaran terakhir saya mengajak siswa untuk menyebutkan lambang dan melihat gambar sila dan simbol pancasila dan menyebutkan bersama-sama. Metode pembelajaran yang saya gunakan yaitu ceramah, tanya jawab, penugasan, dan diskusi.
b.      Praktik Mengar di Kelas II A
Pada saat praktik mengajar di kelas II A saya memilih tema 3 “Tugasku sehari-hari”,  sub tema 3 “Tugasku sebagai Umat Beragama”, dan pembelajaran ke 6. Dengan jumlah siswa sebanyak 33 anak. Muatan dalam pembelajaran ini yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, SBdP. Pendekatan  yang saya gunakan yaitu pendekatan “Scientific” dimana dalam pendekatan ini terdapat kegiatan 5M yang terdiri dari mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Model pembelajaran yang saya gunakan yaitu “Role Playing”. Diawal pembelajaran saya mengajak siswa untuk membaca teks dan melihat denah rumah teman. Setelah membaca siswa diajak melakukan percobaan tentang menentukan rumah denah teman dengan benar. Siswa mengerjakan LKS dan setelah selesai untuk masuk dalam pembelajaran Matematika siswa di ajak dengan melihat gambar buah untuk mengetahui berapa harga buah. Setelah selesai siswa selesai lalu siswa di minta untuk mewarnai tentang gambar hal mengenai membantu orang lain dalam tema SBdp. Metode pembelajaran yang saya gunakan yaitu ceramah, tanya jawab, penugasan, dan diskusi.
c.       Praktik Mengajar di Kelas II B
Pada saat praktik mengajar di kelas III B saya memilih tema 3 “Tugasku Sehari-hari”,  sub tema 3  “Tugasku sebagai Umat Beragama”, dan pembelajaran ke 3. Dengan jumlah siwa sebanyak 30 anak. Muatan dalam pembelajaran ini yaitu PPKn, Bahasa Indonesia, dan Matematika. Pendekatan  yang saya gunakan yaitu pendekatan “Scientific” dimana dalam pendekatan ini terdapat kegiatan 5M yang terdiri dari mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Model pembelajaran yang saya gunakan yaitu “Cooperative Learning Tipe Make a Match. Saya menyampaikan materi dengan membawa media benda-benda yang terbuat dari kertas seperti Gambar nama Agama dan tempat ibadah juga semacam gambar mata uang pecahan. Dalam pembelajaran siswa di ajarkan menggambar denah dan bagaimana cara mengetahui denah dalam pemasukan ke materi Matematika siswa diajak untuk melihat gambar buah dan harga setelah selesai siswa di ajarkan bagaimana cara menghargai agama orang lain. Metode pembelajaran yang saya gunakan yaitu ceramah, tanya jawab, penugasan, dan diskusi.

d.      Praktik Mengajar di Kelas IV A
Pada saat praktik mengajar di kelas IV B saya memilih tema 4 “Berbagai Pekerjaan”,  sub tema 3 “Pekerjaan Orang Tuaku”, dan pembelajaran ke 1. Dengan jumlah siswa sebanyak 28 anak. Muatan dalam pembelajaran ini yaitu Bahasa Indonesia, IPA dan IPS. Pendekatan  yang saya gunakan yaitu pendekatan “Scientific” dimana dalam pendekatan ini terdapat kegiatan 5M yang terdiri dari mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Model pembelajaran yang saya gunakan yaitu “Cooperative Learning” siswa dibagi dalam kelompok kecil. Siswa ditanya untuk awalan dengan pekerjaan orangtuanya setelah itu siswa di minta untuk melihat video sebagai pengantar awal pembelajaran Bahasa Indonesia. Siswa di ajak untuk mengatahui dari mana datangnya kayu dan untu apa dengan di aplikasikannya menggunakan gambar mebel dan hutan itu dalam pembelajaran IPA dan IPS. Metode pembelajaran yang saya gunakan yaitu ceramah, tanya jawab, penugasan, dan diskusi.
  1. 4.      Rosalia Brigita  (2015015096)
Dalam pelaksanaan Magang III di SD Negeri Sampangan, saya melakukan praktik mengajar sebanyak 5 (lima) kali dari kelas I sampai IV, namun dalam penulisan laporan ini saya hanya memilih 4 (empat) kelas yaitu kelas I,III B, II B, dan IV A.

a.       Praktik Mengajar di Kelas I C
Pada saat praktik mengajar di kelas I saya memilih tema 2 “Kegemaranku”,  sub tema 4 “Gemar Membaca”, dan pembelajaran ke 5. Muatan dalam pembelajaran ini yaitu Bahasa Indonesia dan Matematika. Dengan jumlah siswa 24 siswa. Pendekatan  yang saya gunakan yaitu pendekatan “Scientific” dimana dalam pendekatan ini terdapat kegiatan 5M yang terdiri dari mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Model pembelajaran yang saya gunakan yaitu “Cooperative Learning Tipe Talking Stick” dimana Dalam model pembelajaran ini siswa dibagi menjadi beberapa kelompok diskusi untuk menjawab lembar kerja siswa terkait materi yang disampaikan. Selain itu saya juga menggunakan stick untuk memilih siapa siswa yang mengerjakan atau membacakan jawaban hasil diskusi bersama dengan anggota kelompoknya. Metode pembelajaran yang saya gunakan yaitu ada beberapa metode diantaranya “penugasan, tanya jawab, diskusi dan ceramah”. Selain itu saya meminta siswa untuk maju kedepan untuk membacakan hasil diskusi bersama teman kelompoknya.

b.      Praktik Mengar di Kelas III B
Pada saat praktik mengajar di kelas III B saya memilih tema 3 “Benda di Sekitarku”,  sub tema 1 “Aneka Benda di Sekitarku”, dan pembelajaran ke 5. Dengan jumlah siswa 29 siswa. Muatan dalam pembelajaran ini yaitu Bahasa Indonesia, PPKn dan Matematika. Pendekatan  yang saya gunakan yaitu pendekatan “Scientific” dimana dalam pendekatan ini terdapat kegiatan 5M yang terdiri dari mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Model pembelajaran yang saya gunakan yaitu “Cooperative Learning Tipe Talking Stick” dimana dalam penyampaian materi saya menggunakan gambar acak dan meminta siswa untuk mengurutkan gambar terebut sesuai dengan urutannya. Metode pembelajaran yang saya gunakan yaitu ada beberapa metode diantaranya “penugasan, tanya jawab, diskusi dan ceramah”. Dalam penyampaian materi saya menggunakan gambar-gambar sebagai media dan pemberian latihan-latihan soal. Dalam model pembelajaran ini siswa dibagi menjadi beberapa kelompok diskusi untuk menjawab lembar kerja siswa terkait materi yang disampaikan. Selain itu saya juga menggunakan stick untuk memilih siapa siswa yang mengerjakan atau membacakan jawaban hasil diskusi bersama dengan anggota kelompoknya. Metode pembelajaran yang saya gunakan yaitu ada beberapa metode diantaranya “penugasan, tanya jawab, diskusi dan ceramah”. Dan pembelajaran sangat menyenangkan.

c.       Praktik Mengajar di Kelas II B
Pada saat praktik mengajar di kelas III B saya memilih tema 3 “Tugasku Sehari-hari”,  sub tema 2  “Tugasku Sehari-hari di Sekolah”, dan pembelajaran ke 3. Dengan jumlah siwa 30 siswa Muatan dalam pembelajaran ini yaitu PPKn, Bahasa Indonesia, dan Matematia. Pendekatan  yang saya gunakan yaitu pendekatan “Scientific” dimana dalam pendekatan ini terdapat kegiatan 5M yang terdiri dari mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Model pembelajaran yang saya gunakan yaitu “Cooperative Learning Problem Based Learning. Dalam model pembelajaran ini guru memberikan masalah kepada siswa kemudian siswa menyelesaikan permasalahan yang diberikan guru. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok diskusi untuk menjawab lembar kerja siswa terkait materi yang disampaikan. Metode pembelajaran yang saya gunakan yaitu ada beberapa metode diantaranya “penugasan, tanya jawab, diskusi dan ceramah”.

d.      Praktik Mengajar di Kelas IV A
Pada saat praktik mengajar di kelas IV B saya memilih tema 4 “Berbagai Pekerjaan”,  sub tema 3 “Pekerjaan Orang Tuaku”, dan pembelajaran ke 2. Dengan jumlah siwa 28 siswa. Muatan dalam pembelajaran ini yaitu PPKn dan SBDP. Pendekatan  yang saya gunakan yaitu pendekatan “Scientific” dimana dalam pendekatan ini terdapat kegiatan 5M yang terdiri dari mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Model pembelajaran yang saya gunakan yaitu “Cooperative Learning Tipe Picture And Picture. Di awal pembelajaran saya membagi siswa menjadi beberapa kelompok diskusi untuk menjawab lembar kerja siswa dan dalam penyampaian materinya saya menggunakan gambar-gambar sebagai media pembelajarannya. Metode pembelajaran yang saya gunakan yaitu ada beberapa metode diantaranya “penugasan, tanya jawab, diskusi dan ceramah”.

 


       

     



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Sd N Sampangan Banguntapan Bantul

Profil Peserta Magang III